http://downloads.totallyfreecursors.com/thumbnails/tail2.gif

Kamis, 11 Oktober 2012

Buah Keres


keres adalah buah asli dari Benua Amerika yg ditanam oleh orang Belanda, dg nama Kers ato Cery bahasa Inggrisnya Jamaica Cherry sedangkan nama ilmiahnya Muntingia Calabura. Dengan kata lain termasuk dalam Family Strawberry. Orang Indonesia menyebutnya dg nama Cery jawa, Kersen ato Keres ada jg beberapa daerah di Indonesia menyebutnya Talok. Selain rasanya yg manis, buah keres mempunyai manfaat untuk obat asam urat


Setiap 100gram buah keres yg kita makan mengandung 76,3 gr air, 2,1 gr protein, 2,3 gr lemak, 17,9 gr karbohidrat, (0 gr serat, 1,4 gr abu, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,015 mg vitamin A, 90 mg vitamin C. Nilai energinya 380 kJ/100 gr.Serta adanya zat Kolkisin atau Allopurinol. Salah satu obat bagi asam urat terutama di peradangan tulang adalah kolkisin.

khasiat lainnya dari keres adalah daunnya bisa untuk mengobati batuk berdahak. Daun keres mempunyai anatomi sbb : Mempunyai mucilaginous epidermis, stomata, yang pada umumnya anomocytic. Epidermis tanpa kristal idioblasts. Epidermis Abaxial bukan papillose. Terdapat rambut, yang bersifat eglandular ataupun glandular yang terdiri atas unicellular, dan beberapa multiseluler. Helaian daun pada umumnya Dorsiventral atau isobilateral (kadang-kadang ‘ terdiri atas jaringan palisade’); dengan rongga yang keluar, atau tanpa rongga yang keluar. Rongga yang keluar yang berisi lem cair/getah; Rongga yang keluar schizogenous, atau lysigenous. Mesophyll yang berisi sel lem cair/getah. Daun kecil tanpa floem sel transfer (Entelea, Sparmannia).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar